Tuesday, March 2, 2004

Dulu waktu aku masih SD, Babe pernah beliin aku buku yang isinya kisah travelling seorang profesor keliling dunia. Buku itu bener-bener menarik buat aku, sampe-sampe bukunya sendiri runyek-runyek. Karena seringnya dibaca sampe dibawa boker segala, hehe. Isi bukunya bukan melulu tentang negara yang dikunjungi oleh sang profesor, tapi juga mengupas soal makanan khas daerah setempat. Istri sang profesor ini dulu punya restoran ngetop, jagoan buat kue juga. Nama belakangnya Tanzil, tapi aku sendiri udah lupa judul & nama sang Profesor itu.

Kemaren waktu di Jakarta, Mbak Ira beliin aku buku berjudul Jalan Sutra, karangan Bondan Winarno, di QB Bookstore. Bukunya ternyata nggak beda jauh dari buku favoritku dari SD itu! Waa.. Sebenernya buku ini kumpulan tulisan Bondan Winarno di Kompas Cyber Media dengan judul yang sama. Bukunya sangat menarik, apalagi kalo udah mengupas soal makanan Jawa. Aku sampe laper berat waktu baca buku ini di kereta api menuju Bandung. Nothing compares to masakan Jawa! Mulai dari Soto, Pecel, Nasi Liwet, Rujak Cingur, Timlo, sampe Rawon. Pokoknya semua makanan Jawa aku pasti suka.

Ngomong-ngomong soal masakan Jawa, waktu resepsi pernikahannya Mas Luki kemaren aku sempet makan Selat Solo. Sejenis Bistik & Selada yang diberi kuah Semur & Mayonaise. Rasanya uenaaaaaaak! Aku sampe nambah 5 kali saking uenaknya. Katanya sih di Kusumasari ada menu ini, tapi aku berkali-kali makan di sana nggak pernah liat. Apa aku aja yang bloon? Hehe.. Ada yang punya resepnya??

No comments: